Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Purbalingga mengumpulkan seratus petugas parkir di aula kantor setempat, Senin siang (30/3). Kehadiran seratus petugas parkir adalah untuk memberikan pencerahan terkait pelayanan bagi para pengguna jasa parkir.
Kepala Dinhubkominfo Purbalingga Jonathan Eko Nugroho mengatakan, kegiatan pembinaan kepada petugas parkir merupakan kegiatan rutin yang dilakukan dinasnya. Materi utama berupa peningkatan pelayanan, menampung keluhan masyarakat pengguna jasa perparkiran, termasuk pula menampung keluhan para petugas parkir itu sendiri.
Adanya rencana pemkab Purbalingga melelang pengelolaan parkir pada pihak ketiga sempat membuat para petugas parkir ini was-was. Mereka takut kehilangan pekerjaan. Pasalnya menjadi petugas parkir merupakan satu-satunya mata pencarian mereka. Dan mereka berharap, masalah perparkiran tetap dikelola seperti biasa.
Dijelaskan Jonatan, pembinaan bagi petugas parkir kali ini melibatkan Polres dan Kodim 0702 untuk mengantisipasi kejadian yang tidak aman dan nyaman, serta agar perparkiran di Purbalingga lebih tertib aman dan nyaman.
Dalam sesi tanyajawab, ada sejumlah petugas parkir yang kehilangan sebagian lahan parkirnya karena dipakai berjualan oleh Pedagang Kaki Lima (PKL). Disamping itu, keberadaan baju seragam yang sudah lama dan lusuh juga mendapat kritikan. Para petugas mengharapkan adanya pembagian seragam dan jaket secara gratis dari dinas.(Umang-kominfo)